Rabu, 20 November 2013

Luk 21-20-28 Percayalah kepada Tuhan-Mu!


28 November 2013
Hari Biasa (H)
Dan 6: 12-28
Dan 3: 68,69,70,71,72,73,74
Luk 21-20-28
Percayalah kepada Tuhan-Mu!
Dalam kehidupan kita setiap hari, ada begitu banyak permasalahan dan penderitaan yang selalu kita hadapi. Ada yang mempunyai permasalahan dan penderitaan antara lain: di bidang ekonomi, di bidang politik, dan di bidang pendidikan. Namun yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah ketika kita menghadapi berbagai macam permasalahan dan penderitaan dalam kehidupan kita ini, apakah kita percaya dan mau berharap atau berdoa berdoa kepada Tuhan atau tidak? Kita sebagai orang Katolik sangat diharapkan agar segala permasalahan dan penderitaan yang kita hadapi dalam hidup, kita perlu serahkan kepada Tuhan karena bagi kita Tuhan adalah penyelamat dan sumber sukacita. Kita harus percaya bahwa Tuhan melalui Putra-Nya Yesus Kristus, Dia mau datang ke dunia sebagai Manusia untuk menyelamatkan dan membahagiakan kita.
Dalam bacaan injil hari ini, kita mendengar peringatan dan ajakan dari Tuhan bahwa Keruntuhan Yerusalem sudah dekat karena dikepung oleh tentara-tentara dan bahwa Ibu-ibu hamil atau yang menyusui anak-anaknya akan tewas oleh mata pedang serta Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Namun keluar dari peringatan dan penderitaan itu, Tuhan tidak pernah meninggalkan umat-Nya yang percaya kepada-Nya. Tuhan melalui firman-Nya dalam Luk. 21: 28 mengatakan: “apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatmu sudah dekat”. Tuhan tidak meninggalkan Yerusalem untuk menderita begitu saja. Tuhan hadir di tengah-tengah mereka sebagai Penyelamat.
Dalam kaitan dengan hal ini, melalui kitab Daniel, kita pun diingatkan dan ditunjukan oleh Tuhan bahwa: barangsiapa yang percaya dan berharap serta berdoa kepada Tuhan, dia akan memperoleh kebahagiaan dan sukacita walaupun dia berada dalam permasalahan dan penderitaan hidup. Dalam kitab Daniel, dikatakan bahwa karena ketekunan dari Daniel untuk berdoa kepada Tuhan maka Tuhan mengutus malaikat-malaikat-Nya untuk mengatupkan mulut singa-singa sehingga Daniel yang dilemparkan ke gua singa tidak diapa-apakan oleh singa.
Saudara-saudariku yang terkasih, marilah dalam kehidupan kita setiap hari, kita perlu mengawali hari kita dengan doa. Kita harus percaya bahwa segala permasalahan dan penderitaan yang kita hadapi akan diselesaikan berkat karya dan cinta kasih Tuhan kepada kita. Kita telah melihat bahwa Yerusalem yang runtuh akan diselamatkan oleh Tuhan karena kepercayaan mereka kepada Tuhan dan Daniel yang dibuang ke gua singa tidak diapa-apakan oleh singa karena ketekunan dari Daniel untuk berdoa kepada Tuhan. Semoga kepercayaan dan ketekukan doa kepada Tuhan selalu menyelamatkan kita. (Dawis. M)
Doa: Tuhan, jadilah sumber kebahagiaan kepada hamba-Mu yang percaya kepada-Mu  
“Bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat (Luk. 21:28b)”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar